Perintah Dasar Oprasi Linux Ubuntu Dan Operasi Input Output

Perintah Dasar Oprasi Linux Dan Operasi Input Output

TUJUAN

Agar Mahasiswa lebih memahami tentang dasar dasar dari progam linux

Perintah Dasar Operasi Linux

pwd

Ketika Anda pertama kali membuka terminal, Anda akan masuk ke home directory user Anda. Untuk tahu directory mana yang sedang Anda buka, Anda bisa menggunakan command pwd ini. Dengan command ini, mereka akan memberitahu path-nya dimulai dari root. Root adalah awalan dari sistem file Linux. User directory biasa memiliki format seperti “/home/username”.

Ls

Gunakan command “ls” untuk mengetahui file apa saja yang ada pada directory yang sedang Anda buka. Anda bisa melihat files tersembunyi dengan menggunakan command “ls-a”.

cd

Gunakan command “cd” untuk masuk ke sebuah directory. Misalnya, jika Anda sedang ada di folder home dan Anda ingin masuk ke folder downloads, Anda bisa memasukkan command “cd Downloads”. Command yang satu ini sangat case sensitive jadi Anda perlu memasukkan nama foldernya dengan tepat. Selain itu, jika folder Anda terdiri dari dua nama atau lebih, Anda perlu memasukkan tanda \ di antara nama foldernya.

Misalnya, Anda memiliki sebuah folder yang diberi nama “Dewa Web”. Jika Anda memasukkan command “cd Dewa Web”, Anda akan mendapat pesan error. Jadi, Anda perlu memasukkan commandnya sebagai “cd Dewa\Web”. Kalau Anda hanya memasukkan “cd” Anda akan dibawa ke home directory. Untuk kembali ke folder sebelumnya, Anda tinggal memasukkan “cd..”. Titik dua setelah cd memiliki arti “kembali” atau back.

mkdir & rmdir

Gunakan command mkdir ketika Anda perlu membuat folder atau directory. Misalnya, Anda ingin membuat sebuah directory dengan nama “Baru”, maka Anda tinggal memasukkan command “mkdir Baru”. Kalau Anda ingin membuat directory dengan lebih dari satu kata pada namanya, sama seperti di perintah dasar linux sebelumnya, Anda perlu menggunakan tanda \. Jadi, Anda harus ketik “mkdir Folder\Baru”.

Command rmdir digunakan untuk menghapus directory. Tetapi perintah dasar linux yang ini hanya bisa digunakan untuk menghapus directory kosong. Kalau Anda ingin menghapus directory yang masih berisi files,

rm

Gunakan command rm untuk menghapus file dan direktori. Jadi misalnya Anda ingin menghapus file yang bernama “lama.html”, Anda tinggal masukkan command “rm lama.html”. Tetapi perintah dasar ini tidak bisa sembarangan menghapus direktori. Gunakan rm-r untuk menghapus direktori. Ini akan menghapus direktori dan isinya.

touch

touch digunakan untuk membuat file baru. Ini bisa berupa apa saja, mulai dari txt file kosong atau file zip kosong. Misalnya Anda ingin membuat file text baru, Anda tinggal masukkan “touch baru.txt”.

mv

mv digunakan untuk memindahkan files. Anda juga bisa menggunakan perintah dasar ini untuk mengganti nama sebuah file. Misalnya, Anda ingin mengganti nama sebuah file dari “tugas1” menjadi “tugas”. Maka Anda tinggal memasukkan command “mv tugas1 tugas”

nano & vi

nano & vi adalah text editor yang terinstall di perintah dasar Linux. Nanto adalah text editor yang bisa mengeluarkan berbagai keyword dan dikenali di berbagai bahasa. Vi bisa dibilang lebih simple dari nano. Dengan command ini, Anda bisa membuat file baru atau edit file menggunakan editor.

sudo

sudo adalah perintah yang umum digunakan pada Linux. Sudo berasal dari “SuperUserDo”. Perintah ini dapat digunakan jika suatu operasi membutuhkan hak akses root untuk digunakan, atau jika akses administratif membutuhkan akses. Sebagai contoh, dengan menggunakan perintah “sudo su”, kita dapat mulai memproses dengan otoritas admin pada sistem.

.

Oprasi Input Dan Output Pada Linux

  1. Output ke layar (standar output), input dari sistem (kernel)

$ ps

Perintah ps digunakan untuk memperlihatkan proses yang sedang berjalan pada sistem (kernel) diperlihatkan pada layar (standart output). PID (Process Identifier memperlihatkan nomor setiap proses yang diberikan berurutan oleh sistem linux.

  1. Output ke layar (standar output), input dari keyboard (standart input)

$ cat

Bimo Kusumo Jati

Bimo Kusumo Jati

exit dengan ^d

exit dengan ^d

[Ctrl + d]

Perintah cat digunakan untuk mendapatkan input dari keyboard yang kemudian akan ditampilkan ke layar.

  1. Input nama direktori, output tidak ada (membuat direktori baru), bila terjadi error maka tampilan error pada layar (standar error)

$ mkdir mydir

$ mkdir mydir (Terdapat pesan error)

Perintah mkdir digunakan untuk membuat direktori / folder. Jika nama direktori yang dibuat telah ada, maka akan muncul pesan error yang menandakan ketersedian direktori tersebut

  1. Pembelokan standart input

$ cat 1> myfile.txt

Ini adalah teks yang saya simpan

Ke fike myfile.txt

Dalam percobaan diatas, input dari keyboard pada layar akan dimasukkan atau diredirect pada file myfile.txt. Apabila myfile.txt dibuka maka akan muncul tulisan yang sudah dimasukkan tersebut.

  1. Pembelokan standart input, yaitu input dibelokkan dari keyboard menjadi file

$ cat 0< myfile.txt

$ cat myfile.txt

Percobaan diatas akan menampilkan isi/teks yang terdapat pada file myfile.txt pada layar

  1. Pembelokan standart error untuk disimpan di file

$ mkdir mydir (Terdapat pesan error)

$ mkdir mydir 2> myerror.txt

$ cat myerror.txt

Perintah cat mkdir mydir 2> myerror.txt akan menyimpan peringatan error kedalam myerror.txt apabila ketika membuat folder (mkdir mydir) terjadi error, contohnya ketika folder dengan nama mydir telah ada sebelumnya.